Asal Usul Martabak dan Cara Memulai Bisnis Martabak

Asal Usul Martabak – Martabak!!! jajanan yang sering kita jumpai ketika malam hari ini merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia.

Asal Usul Martabak di Indonesia

Dikutip dari beberapa informasi & Qubicle.id, Ada yang bilang kalau Asal Usul Martabak singkatan dari ‘Marta’ dan ‘Bak’, Agak lucu juga ya asal-usulnya, tapi benarkah cerita tersebut?

Jadi, Martabak sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu Moortaba yang artinya terlipat. Ada dua jenis martabak, yakni Martabak Asin atau Telur dan Martabak Manis. Keduanya ternyata punya sejarahnya masing-masing.

Pada tahun 1930 ada seorang pemuda India bernama Abdullah bin Hasan Almalibary yang berkenalan dengan pemuda asal Lebaksiu, Tegal yang bernama Ahmad bin Kyai Abdul Karim. Keduanya bertemu di Semarang, dan sejak itu mereka berdua menjadi sahabat.

franchise martabak
Martabak Manis

Baca Juga : Keuntungan Franchise Martabak

Singkat cerita, Abdullah memperkenalkan makanan India yang terbuat dari adonan terigu bernama Moortaba tersebut kepada keluarga Ahmad di Tegal. Karena banyak yang menyukainya, akhirnya mereka berdua memberi sedikit variasi dalam mengubah makanan tersebut. Kemudian terciptalah nama Martabak yang sangat berbeda dengan aslinya dari India.

Martabak ini awalnya populer di Lebaksiu, lalu akhirnya banyak masyarakat sana yang merantau ke beberapa kota di Jawa untuk berdagang Martabak terutama pada saat ada kegiatan pasar malam. Akhirnya makanan modifikasi dari India tersebut menyebar luas di tanah air.

Baca Juga : Tips Jitu Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Hok Lo Pan atau Martabak dalam Bahasa Indonesia, adalah Makanan Khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan atau Martabak diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek). Hampir semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak). Arti Harfiah Hok Lo Pan (Martabak) adalah Kue Orang Hok Lo. Saat penemuannya, Hok Lo Pan atau martabak hanya menggunakan wijen sebagai topping.

Namun kini, nama Martabak Manis sendiri di setiap daerah bervariasi. Martabak Di Bandung dikenal dengan nama Kue Terang Bulan, karena bentuknya yang bulat seperti bulan. Di Semarang dikenal dengan sebutan Kue Bandung. Di Pontianak dikenal dengan Apam Pinang, dan di daerah Timur Indonesia dikenal dengan nama Kue Bulan. Sedangkan di Medan sendiri dikenal dengan nama Martabak Manis atau Martabak Bangka.

Toko Martabak Joeragan
Toko Martabak Joeragan

Meskipun namanya berbeda-beda, namun pada dasarnya bahan yang dipakai untuk membuatnya sama, yakni tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi. Untuk topping-nya pun sekarang sudah banyak variasi, dan biasanya yang dipakai adalah cokelat, keju, kacang, dan lain-lain.

Cara Memulai Bisnis Martabak Joeragan

Setelah anda mengetahui asal-usul martabak di Indonesia, lalu selanjutnya apa? Yups !!! Mulai cicipi nikmatnya martabak dan segeralah memulai bisnis martabak. Joeragan Group membuka peluang usaha martabak yang seluas-luasnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis martabak.

Berikut cara mudah memulai bisnis martabak joeragan :

  1. Kunjungi Halaman Depan Website Franchise Martabak Joeragan Fahami cara kerja serta penawaran-penawaran yang disediakan.
  2. Isi Formulir Pendaftaran Mitra Martabak Joeragan dengan benar sesuai dengan identitas diri serta paket pilihan yang Anda inginkan, lalu kirimkan.
  3. Hubungi bagian administrasi Martabak Joeragan di nomor 022-86121303 / 0812-2269-0766, Untuk Request Proposal sms dengan format: Req Proposal Kemitraan Martabak Joeragan#Nama#Alamat Lengkap#Email

Keunggulan MARTABAK JOERAGAN

  1. Market martabak sudah tersedia, konsumennya sangat banyak, dan ada dimana-mana, karena Martabak merupakan makanan wajib di sore dan malam hari, untuk semua kalangan (bawah, menengah hingga kalangan atas)
  2. Kualitas Martabak Premium (menggunakan bahan baku kualitas terbaik seperti: Margarin Blue Band, Keju Kraft dll)
  3. Rasa Maknyoss…! tidak kalah dengan Martabak terkenal seperti San Francisco, dijamin..! (bisa anda buktikan sendiri)
  4. Menggunakan bahan baku yang Higienis, Halal dan Tanpa Pengawet berbahaya…!
  5. Soal Rasa Kelas Bintang Lima, dengan Harga Medium (masih terjangkau oleh kelas Mahasiswa untuk paket Personal) dijamin ketagihan…!
  6. Dengan aneka pilihan toping Klasik dan Kekinian (tersedia Martabak Manis dan Asin)
  7. 99% Konsumen kami menjadi pelanggan setia setelah sekali mencoba
  8. Kami siap memberi support 100% dan bimbingan bagi semua mitra kami untuk meraih sukses dan sejahtera bersama.

Itulah asal usul martabak dan cara memulai bisnis martabak joeragan, bagi Anda yang ingin memiliki usaha martabak, cukup ikuti langkah-langkah diatas dan mulai bisnis martabak dengan keuntungan melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *