Martabak Joeragan Peduli Kebersihan Toilet Masjid

Martabak Joeragan Peduli Kebersihan Toilet Masjid

Martabak Joeragan Peduli Kebersihan Toilet Masjid – “kebersihan sebagian dari iman”, Pada tahun 2018 ini Martabak Joeragan yang tergabung didalam Joeragan Group menyelenggarakan kampanye martabak joeragan peduli kebersihan toilet masjid. Kampanye ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap kebersihan toilet masjid.

Kebersihan sebagian dari iman, hal yang sangat sering kita dengar, kita baca di slogan-slogan, bahkan mungkin juga sering pula kita ucapkan, namun sebenarnya makna apa yang terkandung dari kalimat itu?

Martabak Joeragan
Kampanye 2018 Martabak Joeragan

Bersih besar perannya dalam islam, sampai-sampai dalam sebuah hadits :

“Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang dengan kedermawannan. Karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang yahudi” (HR. Tirmidzi)

 

Kemudian diperkuat dalam firman Allah :

…dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih (QS. At-Taubah : 108)

Dari hal tersebut sangat jelas bahwa Islam sangat menganjurkan kebersihan jadi tidaklah salah slogan kebersihan sebagian dari iman. Tapi apakah hanya sebatas bersih dalam arti itu saja? Ketika menyebut iman, bersih berarti mencakup keseluruhan. Seseorang yang mengaku beriman, tentu akan benar-benar menjaga kebersihannya. Bersih lingkungannya, pakaianya, tubuhnya, fikirannya, hatinya, bahkan bukan hanya bersih melainkan suci.

Mengapa kami bilang bersih bahkan mencapai suci? Karena keduanya memiliki kaitan yang erat tapi memiliki arti yang berbeda. Bersih belum tentu suci, apakah seorang yang sehabis berhadats besar misalkan jima’ dengan istri lantas mandi bisa dibilang suci? Bersih mungkin benar karena orang mandi tentu bersih tapi apabila belum mandi besar (junub) belum bisa di katakan suci. Dan suci, belum tentu bersih, misalkan saja sajadah yang kita kenakan pastilah ada debu yang pastinya itu disebut kotor tapi bisa dikatakan suci bila tidak ada najis, tentu saja tetap yang kita harapkan bersih pula, hal ini berarti kedudukan suci dapat dikatakan utama atau lebih tinggi dari bersih.

Diposting pada