Tips dan Trik Agar Martabak Lembut dan Bersarang

Tips dan Trik Agar Martabak Lembut dan Bersarang – Ya, martabak yang betul adalah yang kulitnya bersarang, teksturnya empuk, dan kaya rasanya. Untuk menghasilkan martabak seperti itu, cara pemilihan bahan, cara pembuatan, dan cara memanggang harus tepat.

Tips dan Trik Agar Martabak Lembut dan Bersarang

Bahan utama yang digunakan untuk membuat kulit martabak adalah tepung terigu. Supaya martabak hasilnya empuk, gunakan tepung terigu protein sedang, hindari menggunakan tepung terigu protein tinggi supaya martabak tidak keras. Jangan pula memakai tepung terigu protein rendah agar martabak bisa bersarang sempurna.

Untuk membuat kulit martabak, campur tepung terigu dengan air, baking powder, gula, dan telur. Bahan-bahan ini harus dikocok dengan mikser sampai adonan jadi licin.

Pada tahapan selanjutnya adonan harus kita istirahatkan selama 1 sampai 2 jam. Waktu selama ini dibutuhkan untuk memfermentasi adonan kulit martabak yang terbuat dari telur ataupun santan. Jika Anda menggunakan jenis adonan dasar yang dbuat dengan telur terpisah, waktu fermentasinya lebih lama lagi yaitu 1 sampai 6 jam.

Pengistirahatan adonan ini berfungsi agar adonan yang dihasilkan tidak liat ketika dimasak, mampu mengembang, dan membentuk pori – pori yang sempurna.

Baca : Waralaba Kemitraan Martabak Joeragan

Pada proses pemanggangan, pemanggangan martabak butuh waktu sekitar 10 –15 menit. Kalau terlalu sebentar, mungkin saja martabak matang, tetapi belum membentuk sarang. Hebatnya, walau dipanggang dalam waktu lama, martabak tidak akan hangus karena bahan loyangnya khusus dan tebal, terbuat dari baja. Dengan begitu martabak tidak langsung terkena api.

Pada proses pemanggangan wajan harus dipanaskan terlebih dahulu sampai cukup panas. Anda dapat mencoba dengan menaburkan beberapa butir gula. Bila langsung hangus, maka adonan martabak sudah boleh dituang. Hati-hati, panas wajan harus tepat betul.

Apabila kurang panas, martabak tidak akan bersarang. Sebaliknya, jika terlalu panas, martabak bisa langsung hangus begitu dipanggang. Satu hal juga yang harus anda ingat, wajan tidak boleh diolesi minyak atau margarin. Jangan lupa perhatikan juga api yang digunakan. Pilih kompor yang apinya menyebar merata. Bukan terpusat di tengah atau di pinggir.

Nah, itulahtTips dan trik agar martabak lembut dan  bersarang, jangan lupa baca juga cara membuat martabak manis dengan mudah 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *