Tips n Trik memilih Franchise Usaha Kuliner Martabak

Berikut 7 kriteria yang dapat membantu anda memilih Franchise Martabak yang tepat…!

  1. Pastikan usaha Anda yang kelola sendiri, jangan pernah sekalipun anda bermitra dengan usaha yang Pengelolaannya langsung oleh Pusat (Franchisor) kecuali jika anda bermitra dengan usaha sekaliber Pizza Hut atau KFC dan sejenisnya karena mereka sudah sangat Profesional menjalankan bisnisnya. Itupun harganya sangt Fantastis..! Karena memiliki manajamen yang sudah tersistem dengan baik, karena itu sudah pasti anda harus membayar mahal untuk membelinya.

Jangan hanya tergiur harga ‘MURAH’ saja sehingga anda mau membeli kemitraan usaha yang belum jelas Profesionalitasnya (Ini sama saja dengan anda bunuh diri, mempercayakan usaha anda pada orang/pihak yg tidak tepat). Karena biasanya usaha ini menggunakan sistem Profit Sharring misal (50:50). Jika tidak ditopang oleh adanya manajemen didalamnya maka mustahil usaha akan berkembang karena sebuah usaha sangat membutuhkan maintain (perawatan, inovasi dan kreatifitas) agar tetap dapat bertahan bahkan berkompetisi dengan yg lain (dalam hal ini kompetitornya). Anda dapat membayangkan jika usaha tsb tidak memiliki manajeman usaha yang baik, sementara cabang sudah ada dimana-mana, sangat mudah sekali usaha anda akan digerogoti masalah demi masalah yg tak terselesaikan karena pengelola hanya sibuk menambah jumlah outletnya dan tidak memperhatikan outlet-outlet yang sudah ada. Jangan salah ini sudah banyak terjadi di beberapa outlet yang sudah terkenal, ini salah satu akibat dari tidak adanya manajemen usaha. tidak jarang banyak kita jumpai usaha yang baru dibuka beberapa bulan sudah tutup karena tidak terkelola dengan baik. Apa anda mau usaha anda bernasib cuma setahun atau dua tahun saja…? Beruntung kl sdh BEP, kl belum..?  🙁

*poin ini wajib anda perhatikan
Maka dari itu sebaiknya anda memilih franchise (usaha yg dikelola oleh sendiri) Yang namanya dikelola oleh sendiri, pasti kita akan berusaha semaksimal mungkin utk memajukannya artinya anda akan secara total membangun bisnis anda tsb. Karena hasilnya 100% anda yang menikmati. Beda dengan kemitraan terpusat, jika mereka menjalankan usaha dengan ‘alakadarnya’ anda tdk dapat berbuat apa2 jika usaha merugipun karena hak usaha ada ditangan franchisor, sekali lagi kami ingatkan, Usaha yang akan berhasil adalah usaha yang dikelola sendiri oleh pemiliknya..!

  1. Pastikan usaha yang ingin anda bermitra dengannya memiliki Manajemen usaha yang baik, kl tidak ada sebaiknya segera lupakan, karena itu tidak akan menjamin keberlangsungan usaha yang akan lama. Anda jangan mudah tergiur oleh usaha baru yang langsung menyedot perhatian masyarakat, suatu usaha dapat dikatakan baik jika ia mampu memaintain usaha tsb dengan stabil minimal selama 1-2 tahun pertama dengan melihat kualitas produk yang stabil, pelayanan dan performa outlet yang cukup baik. Jika baru dalam beberapa bulan anda menilai suatu usaha sudah baik, itu salah besar…lihatlah perjalanan usahanya di tahun ke-2 .
  2. Pastikan usaha tsb bertahan minimal 2 tahun dalam satu lokasi yg sama dengan tetap memiliki intensitas konsumen yang sama dari waktu ke waktu. Jika tidak lupakan saja, karena itu menandakan usaha tsb tidak dapat dimaintain dgn baik.
  3. Pastikan usaha tsb memiliki Harga jual produk yang cukup kompetitif dan memiliki kualitas Rasa yang baik (enak) selain itu selalu berinovasi dari waktu ke waktu.
  4. Pastikan anda melihat harga jual Franchise suatu usaha dengan cukup objektif, jika usaha tsb cukup profesional, maka tidak ada salahnya anda membeli lebih mahal dibanding yang lain yang belum profesional, karena profesionalitas sangat dibutuhkan dalam mengelola suatu usaha.
    Ingat ada harga ada kualitas.
  5. Alangkah lebih baik anda kenali dulu franchisor nya (pemilik franchisenya) sebelum anda join usahanya. Ternyata istilahtak kenal maka tak sayangberlaku dalam hal ini, Gali lebih dalam karakter dan mentalitasnya, orang yang baik akan mampu memotivasi anda bahkan pada pertemuan pertama. Dan yang lebih penting pastikan dia memiliki team usaha yang siap membantu usaha anda. Segera tinggalkan jika usaha tsb hanya dikelola seorang diri oleh ownernya saja..!
  6. Alangkah lebih bijak anda bertanya juga pada franchisee yang lain yang lebih dulu join dalam usaha tsb (mitra usaha yang serupa). Pengalaman adalah Guru paling berharga, dan anda akan mendapatkan hal itu dari mitra yg lebih dulu join dengan usaha tsb. Tentu hal ini akan sangat objektif bagi anda sebelum anda join. Anda akan dapat banyak belajar pengalaman (plus/minus) usaha tsb. Lebih fair bukan utk menambah wawasan anda..?

Memang akan cukup memakan waktu menjalankan proses tsb, namun itu akan membuat anda lebih mantap dan yakin untuk memutuskan join atau tidak dengan satu usaha yg ingin anda jalankan, Jangan Rencanakan Kegagalan Anda diawal Usaha anda karena ketidaktelitian anda, lebih baik teliti sebelum membeli..Dan bijak sebelum bertindak…!

Demikian semoga bermanfaat 🙂

Your Success Partner,
Martabak Joeragan

 

2 thoughts on “Tips n Trik memilih Franchise Usaha Kuliner Martabak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *